Cara Mendidik Anak Yang Nakal

Posted by on

cara mendidik anak yang nakal

Hukuman memang perlu diterapkan untuk mengatasi dan mendidik anak nakal, namun bagi orang tua, hal yang harus diperhatikan adalah senakal apapun seorang anak, hukuman harus dilakukan dengan cara yang ...

Share |

Cara Mendidik Anak Yang Nakal

Posted by on

Hukuman memang perlu diterapkan untuk mengatasi dan mendidik anak nakal, namun bagi orang tua, hal yang harus diperhatikan adalah senakal apapun seorang anak, hukuman harus dilakukan dengan cara yang mendidik dan juga efektif sebab hukuman bisa berdampak baik untuk perkembangan anak atau bahkan tambah memperburuk tingkah laku anak. Tidak jarang para orang tua merespon kenakalan seorang anak dengan cara yang salah bahkan emosi yang tidak terkontrol akan memperparah keadaan, hal ini tentunya akan sangat berpengaruh bagi perkembangan mental dan emosi seorang anak yang nantinya anak akan semakin nakal.

Hal yang tidak bisa dipungkiri adalah kenakalan adalah sebuah proses yang akan terjadi pada saat tumbuh dan berkembangnya seorang anak. Orang tua tidak bisa menghentikan itu semua, namun yang bisa dilakukan adalah dengan cara mendidiknya dengan cara memberi hukuman yang efektif dan tentunya juga mendidik karena pada dasarnya sebuah hukuman merupakan sebuah konsekuensi atas perbuatan yang anak lakukan, jadi dengan adanya hukuman tersebut, anak bisa berpikir dan memilah mana yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan.

Peran orang tua, menekankan dan meluruskan bahwa tujuan dari memberikan hukuman kepada anak bukan untuk menyakiti tapi untuk memberikan efek jera bagi anak dan menerapkan kedisiplinan. Sehingga orang tua lebih hati-hati dalam memberikan hukuman dan mengontrol emosi sebab hal tersebut akan sangat berpengaruh pada pembentukan karakter seorang anak. Anak akan cenderung mengingat hal-hal yang membuatnya tertekan seperti misalnya kata-kata kasar yang diucapkan orang tua saat sedang marah.

Anak yang memiliki perbedaan umur juga harus berbeda pula bentuk hukumannya, begitu juga dengan bentuk kenakalan yang dilakukan seorang anak. Hukuman yang diberikan harus bersifat adil, adil dalam artian bukan dengan hukuman yang sama rata namun orang tua harus bisa mempertimbangkan dan mendengarkan alasan sang anak mengapa berbuat ulah sehingga orang tua tahu penyebab hal itu terjadi dan apakah hal itu dilakukan secara sengaja atau tidak. Dengan hal itu maka diharapkan orang tua bisa bersikap adil karena jika tidak maka bukan hal yang tidak mungkin jika anak semakin berbuat ulah.

Hal penting yang juga harus orang tua pikirkan adalah dengan memberikan hukuman yang konsisten, jangan sampai nantinya sang anak dapat mencari celah dari kenakalan yang dilakukan sebab orang tua tidak disiplin menerapkan konsistensi dari ulah yang diperbuat oleh anak. Namun konsisten bukan berarti terlalu sering menghukum. Ulah yang berbeda lebih baik diberikan hukuman yang berbeda pula sesuai dengan tingkat kenakalan yang diperbuat. Orang tua yang terlalu sering memberikan hukuman pada anak cenderung akan membentuk pribadi anak yang akan memberontak pada kemudian hari, tentunya hal ini tidak diinginkan oleh para orang tua.

ILMU NEGARA: ASAL-USUL TERJADINYA N...Penyebab Gempa BumiUSAHA danENERGIUnsur-unsur KebudayaanCerpen Anak : Sepotong Kue Untuk Ib...Peran Penyebab Pencemaran Air Pada ...

Share |